Program S1 Sastra Jepang Universitas Darma Persada (UNSADA) Jakarta

Program S1 Sastra Jepang Universitas Darma Persada (UNSADA) Jakarta akan disampaikan Terbaru.News kali ini, silahkan baca informasi Program S1 Sastra Jepang Universitas Darma Persada (UNSADA) Jakarta dibawah ini

Program S1 Sastra Jepang Universitas Darma Persada (UNSADA) Jakarta


TERAKREDITASI BAN Perguruan Tinggi

 

Jepang sebagai salah satu negara Asia yang memiliki pengaruh kuat di dunia menjalin hubungan kerjasama dalam berbagai bidang dengan Indonesia. Hal tersebut tampak dengan banyaknya perusahaan Jepang yang ada di Indonesia. Fenomena banyaknya perusahaan Jepang di Indonesia tersebut menyebabkan munculnya kebutuhan untuk mempelajari bahasa maupun budaya Jepang. Kebutuhan tersebut dapat dipenuhi melalui pendidikan bahasa Jepang yang diantaranya disediakan oleh Universitas Darma Persada sebagai lembaga pendidikan tinggi memberikan solusi terhadap kebutuhan tersebut. Program studi Sastra Jepang S1 Universitas Darma Persada merupakan salah satu program studi terkemuka di Indonesia yang menghasilkan lulusan dengan kompetensi utama dalam bidang bahasa, sastra dan budaya Jepang di Indonesia, dengan sistem pembelajaran yang didukung oleh suasana akademis yang tetap memelihara dan mempertahankan budaya pola pikir ilmiah, serta memiliki tenaga pengajar yang berkualitas baik lulusan dalam maupun luar negeri (Jepang) untuk menghasilkan lulusan yang siap bersaing di era globalisasi

 

Visi program Studi Sastra Jepang S1:

Visi Program studi Sastra Jepang memiliki visi 5 tahun ke depan, yaitu menjadikan program studi yang menghasilkan lulusan dengan penguasaan bahasa Jepang yang sesuai dengan standar Ujian Kemampuan Bahasa Jepang level 2 (N3), memahami masyarakat, budaya dan ekonomi Jepang, serta memiliki kemampuan penguasaan komputer Jepang (Japanese Software) sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja baik di perusahaan maupun di bidang akademik.

Misi program studi Sastra Jepang S1 :

  1. Menyelenggarakan kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi secara terpadu yang selaras dengan cita-cita pendirian program studi Sastra Jepang S1.
  2. Menciptakan suasana akademik yang mendukung peningkatan kualitas Tridarma Perguruan Tinggi.
  3. Mengembangkan kemampuan program studi di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, terutama dalam bidang linguistik, sejarah, masyarakat, budaya dan kesusastraan Jepang di Indonesia.
  4. Meningkatkan hubungan kerjasama yang saling menguntungkan dengan pihak lain, baik dalam maupun luar negeri dalam upaya percepatan pencapaian visi program studi.

Tujuan program studi Sastra Jepang S1 :

  1. Mengembangkan potensi program studi Sastra Jepang S1 dalam menghasilkan pengetahuan komprehensif dalam bidang sastra, bahasa, dan pengetahuan budaya Jepang sesuai dengan kebutuhan masyarakat
  2. Menghasilkan lulusan yang berkualitas secara intelektual, emosional, dan spiritual dengan kompetensi utama di bidang bahasa, sastra, dan pengetahuan budaya Jepang.

Sasaran dan strategi pencapaian program studi Sastra Jepang S1 :

  1. Lulusan program studi Sastra Jepang S1 menguasai keahlian di bidang bahasa, sastra, dan pengetahuan budaya Jepang dengan kemampuan berkomunikasi, bekerjasama, dan mengaktualisasikan diri di tingkat nasional maupun internasional
  2. Lulusan program studi Sastra Jepang S1 mampu bersaing dan cepat terserap di pasar tenaga kerja

 

PROFIL LULUSAN

Profil lulusan program studi Sastra Jepang S1 adalah Sarjana strata satu yang memiliki landasan keimanan dan ketakwaan serta berjiwa Pancasila, profesional yang berorientasi pada keterampilan analitis, keutamaan intelektual dan moralitas dalam bidang bahasa, sastra dan budaya Jepang. Selain itu juga menguasai empat keterampilan berbahasa Jepang baik untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan masyarakat nasional dan internasional. Lulusan program studi Sastra Jepang S1 dapat mengembangkan diri dalam berbagai lapangan pekerjaan seperti pengajar bahasa Jepang, penerjemah dan wirausahawan.

 

KOMPETENSI LULUSAN SASTRA JEPANG S1

Kompetensi utama merupakan kemampuan untuk menampilkan unjuk kerja yang memuaskan sesuai dengan penciri program studi. Kompetensi utama ditetapkan oleh kalangan PT, masyarakat profesi, dan pengguna lulusan. Kompetensi utama yang dimiliki oleh lulusan S1 Sastra Jepang adalah :

  1. Menguasai empat keterampilan berbahasa Jepang (membaca, menulis,berbicara dan menyimak) serta memahami bidang linguistik, sastra, budaya Jepang dan metode penelitiannya.
  2. Memiliki kemampuan akademik sebagai pengajar bahasa Jepang di tingkat sekolah menengah dan lembaga kursus.
  3. Memiliki kemampuan menjadi penerjemah baik lisan maupun tulisan.

Kompetensi Pendukung adalah kemampuan yang relevan dan dapat mendukung kompetensi utama serta merupakan ciri khas perguruan tinggi yang bersangkutan. Kompetensi pendukung yang dimiliki lulusan sastra Jepang Universitas Darma Persada adalah memahami nilai budaya, filosofi dan tradisi Jepang.

Kompetensi lain ditetapkan oleh institusi penyelenggara program studi merupakan kemampuan yang diberikan untuk membantu meningkatkan kualitas hidup. Selain itu kompetensi ini ditetapkan berdasarkan keadaan serta kebutuhan lingkungan Perguruan Tinggi. Kompetensi lain yang dimiliki lulusan Sastra Jepang Universitas Darma Persada adalah kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris tingkat menengah dan kemampuan berkomunikasi bahasa mandarin tingkat dasar.

Persyaratan  Calon Mahasiswa

 

Calon mahasiswa yang dapat diterima sebagai mahasiswa UNSADA, harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

1)     Calon Mahasiswa Reguler

–     Warganegara Indonesia atau Warga Negara Asing yang memiliki ijin belajar di Indonesia

–     Mempunyai ijazah dari Sekolah Menengah Tingkat Atas, baik umum maupun kejuruan

–     Mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa

–     Lulus seleksi

–     Mendaftar ulang

Calon Mahasiswa Alih Kredit dan Pindahan

–     Mahasiswa pindahan yang belum lulus dari program studi sejenis yang memiliki ijin operasional dan sudah terakreditasi oleh BAN PT atau mahasiswa lanjutan dari jenjang pendidikan yang lebih rendah yang telah memiliki ijazah dan transkrip akademik yang sah dari program studi asal baik dari UNSADA maupun Perguruan Tinggi lain.

–     Mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa

–     Telah memperoleh persetujuan tentang jumlah kredit yang dialihkan (minimal 20 sks) dari ketua jurusan/program studi yang akan dimasuki.

–    Lulus dalam pemeriksaan kesehatan

–    Mendaftar ulang

 

Prosedur Pendaftaran

1)     Calon Mahasiswa Reguler

–    Membayar biaya pendaftaran sesuai dengan ketentuan Panitia

–    Mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi syarat pendaftaran di tempat pendaftaran.

–    Memperoleh kartu tanda pendaftaran yang telah ditanda sahkan oleh Panitia.

2)     Calon Mahasiswa Alih Kredit dan Pindahan

–    Membayar biaya pendaftaran sesuai dengan  ketentuan Panitia

–    Menyerahkan transkrip akademik dari Program studi Perguruan Tinggi asal dan persetujuan alih kredit dari ketua Jurusan/Program Studi yang akan dimasuki

–    Mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi syarat pendaftaran di tempat pendaftaran

–    Memperoleh kartu tanda pendaftaran yang telah ditanda sahkan oleh Panitia.

Khusus bagi calon mahasiswa reguler, pendaftaran bisa dilakukan secara on-line melalui website : pmb.unsada.ac.id

 

Prosedur Seleksi

Calon mahasiswa diwajibkan mengikuti seleksi  dengan prosedur sebagai berikut :

–    Hadir sesuai dengan jadwal seleksi yang telah ditentukan oleh Panitia

–    Mengisi daftar hadir seleksi

–    Mengikuti ujian saringan tertulis bagi mahasiswa reguler yang nilai Ujian Negara rata-rata kurang dari 6,5

–    Mengikuti pemeriksaan kesehatan bagi semua calon mahasiswa

–    Melihat pengumuman hasil seleksi baik secara off-line maupun on-line

 

Prosedur Daftar Ulang

Bagi calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus seleksi dan ingin menjadi mahasiswa UNSADA, wajib mendaftarkan ulang dengan prosedur sebagai berikut :

–    Meminta slip pembayaran biaya kuliah di tempat pendaftaran

–    Membayar Biaya kuliah sesuai ketentuan tarip yang berlaku untuk tahun akademik dan jurusan/program studi yang dipilih, di Bank BNI 46

–    Menyerahkan bukti pembayaran biaya kuliah dan mengisi formulir daftar ulang serta melengkapi syarat daftar ulang di tempat pendaftaran

–    Menerima tanda bukti telah mendaftar ulang dan Nomor Iinduk Mahasiswa  (NIM) dari Panitia

–    Mengikuti kegiatan pra-kuliah (Pengenalan Kampus, Pengambilan Foto, Pembagian Jaket Almamater, Pengisian Kartu Rencana Studi dan Pelantikan Mahasiswa Baru) sesuai jadwal kegiatan

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNSADA.

60 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

TAG

unsda fakultas jepang syarat