Program S1 Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Program S1 Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) akan disampaikan Terbaru.News kali ini, silahkan baca informasi Program S1 Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dibawah ini

Program S1 Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)


FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN – UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Visi

Visi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (FIK UNY) adalah mampu menjadi lembaga yang menghasilkan ”insan olahraga yang kreatif, sportif, dan adaptif”. Visi tersebut direvitalisasi menjadi: lembaga yang menghasilkan insan olahraga yang ”SIAP MAJU” (Sportif, Inovatif, Adaptif, Profesional, Mandiri dan Juara).

Misi

a. Menyelenggarakan pendidikan yang menumbuhkan kreativitas dan mengembangkan ketrampilan.
b. Mengembangkan penelitian inovatif dan futuristik yang mendukung proses pengembangan pembelajaran.
c. Melakukan pengabdian pada masyarakat berdasar hasil penelitIan sesuai dengan kebutuhan dan perubahan masyarakat.
d. Memantapkan pengelolaan lembaga yang sinergis dan rapi.
Tujuan

a. Mengupayakan ilmu pendidikan yang mendukung komitmen tentang pentingnya pencerahan kemanusiaan.
b. Meningkatkan iklim fakultas yang kondusif bagi penyelenggaraan pendidikan yang tertib, damai, dinamis, dan manusiawi.
c. Meningkatkan relevansi kurikulum yang menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan/keahlian tinggi dan kepribadian mulia.
d. Meningkatkan penyelenggaraan pendidikan yang terpadu dengan penelitian dan pengabdian masyarakat yang bermuatan nilai-nilai moral yang luhur.
e. Meningkatkan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang mendukung pengembangan ilmu pendidikan.
f. Meningkatkan kerja sama dengan lembaga-lembaga lain dalam meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mendukung pengembangan teori dan praktik pendidikan, dalam bingkai ilmu pendidikan.
g. Meningkatkan kualitas para guru melalui pendidikan profesi/sertifikasi.
h. Menjalin kemitraan dengan lembaga  pemerintah, swasta dan lembaga terkait.
i. Mengembangkan sistem penjaminan mutu lulusan.
j. Mengembangkan administrasi kelembagaan dan sumberdaya yang efektif dan efisien.

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

a.Pembentukan kepribadian yang cendekia, mandiri dan bernurani. Saat ini direvitalisasi menjadi  insan yang bertakwa, mandiri, cendekia.
b.Pengembangan ilmu pendidikan dan ilmu keguruan kepelatihan/pelayanan yang berorientasi pada pengembangan kecendekiaan,  kemandirian dan kenuranian lulusan, baik dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara maupun dalam hubungannya dengan Sang Pencipta.
c.Keberadaan FIK UNY semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dunia kerja melalui peran pengabdian kepada masyarakat yang berbasis hasil-hasil penelitian dan ipteks (ilmu pengetahuan, teknologi dan seni).

Profil Lulusan
Profil lulusan Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY adalah sebagai sarjana yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bernurani, mandiri, cendekia dan menjadi insan olahraga kreatif, sportif, adaptif (IOKSA) atau SIAP MAJU (Sportif, Inovatif, Adaptif, dan Profesional sesuai dengan Visi UNY dan FIK. Masing-masing lulusan program studi berhak menyandang gelar sebagai berikut:

PRODI        GELAR
IKORA Sarjana Olahraga (S.Or.)
PJKR Sarjana Pendidikan Jasmani (S.Pd.Jas.)
PKO Sarjana Pendidikan Kepelatihan Olahraga (S.Pd.Kor.)
PGSD Penjas Sarjana Pendidikan Jasmani (S.Pd.Jas.)

Ket.: Semua prodi di atas berjenjang S.1.

Lulusan program studi IKORA diberi/berhak memakai gelar Sarjana Olahraga (S.Or.), sedangkan lulusan program studi PJKR dan PKO diberi/berhak memakai gelar Sarjana Pendidikan (PJKR: S.Pd.Jas. dan PKO:S.Pd.Kor.) Sedangkan lulusan program studi diploma dua Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani (D2 PGSD Penjas) pada tahun 2003 – 2007 menggunakan Gelar Ahli Muda (A.Ma), sejak tahun 2009 program DII berubah menjadi S1 PGSD Penjas. Lulusan Fakultas Ilmu Keolahragaan memiliki peluang kerja pada Instansi pemerintah, swasta, sebagai guru pendidikan jasmani, kesehatan, pelatih olahraga, pembina olahraga rekreasi, instruktur kebugaran, terapi dan rehabilitasi, manajer olahraga, dan perwira karier serta kewirausahaan.

Rekruitmen Mahasiswa

Sistem rekruitmen mahasiswa baru di Fakultas Ilmu keolahragaan UNY melalui 3 cara, yaitu PBU (Penelusuran Bibit Unggul), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Mandiri (SM), Kelanjutan Studi Mandiri (KSM). Penelusuran Bibit Unggul adalah program penerimaan mahasiswa baru melalui prestasi di bidang olahraga. Untuk tahun 2011 PBU diubah manjadi jalur undangan.

Seleksi melalui SNMPTN merupakan seleksi nasional yang ditetapkan secara nasional. Artinya calon mahasiswa harus mengikuti alur pendaftaran yang sudah ditetapkan. SNMPTN sejak tahun 2009 sangat efektif karena bisa dilakukan lewat online, sehingga calon mahasiswa bisa mendaftarkan dimanapun tanpa harus datang ke tempat pendaftaran Perguruan tinggi (PT) yang dipilih.

Seleksi mandiri merupakan program seleksi bagi calon mahasiswa yang tidak melalui seleksi nasional, tetapi dilakukan sendiri oleh UNY, hal ini dilakukan untuk menampung animo mahasiswa yang cukup banyak dan berminat masuk untuk belajar di UNY khususnya Fakultas Ilmu Keolahragaan. Dengan diadakannya seleksi mandiri ini maka pemilihan mahasiswa akan lebih seimbang antara kemampuan praktik maupun tes tertulisnya, dan mahasiswa yang masuk dapat dipastikan kemauannya tinggi untuk kuliah di FIK, buktinya mereka tetap mendaftar di FIK UNYmeskipun belum berhasil lolos SNMPTN.

Program Kelanjutan Studi (PKS) Mandiri merupakan penerimaan mahasiswa baru melalui program kelanjutan studi, artinya bahwa mahasiswa yang dahulu pernah menempuh jenjang D2 maupun D3 bisa melanjutkan lagi sampai jenjang S1. Program ini diberikan untuk para guru yang sudah PNS maupun belum tetapi ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Pada program ini mahasiswa hanya menempuh mata kuliah yang belum pernah ditempuh sehingga proses perkuliahan hanya paruh waktu. Oleh karena itu masa studi mereka relatif lebih pendek.

Jurusan
FIK UNY memiliki 3 (tiga) jurusan, yaitu: Jurusan Pendidikan Olahraga (POR), Jurusan Pendidikan Kepelatihan (PKL) serta Jurusan Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi (PKR). Setiap jurusan juga mengelola program studi dan laboratorium sesuai pengembangan keilmuannya yang dipimpin oleh kepala laboratorium.

Program Studi
Program studi (Prodi) merupakan bagian dari jurusan yang bertugas untuk melayani kebutuhan masyarakat yang dipimpin oleh seorang Ketua Program Studi (Prodi). FIK UNY memiliki 4 (empat) prodi, yaitu prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Prodi Ilmu Keolahragaan, dan PGSD Penjas.

Unit Pelaksana Teknis
Unit Pelaksana Teknis kegiatan dilingkungan FIK UNY antara lain:
a.Lab  Media Pembelajaran
b.Lab. Terapi dan Rehabilitasi
c.Lab. Anatomi
d.Lab. Tes Pengukuran
e.Lab. Fisiologi
f.Lab. Kondisi Fisik
g.Lab. Histologi
h.Lab Prestasi Olahraga
i.Kolam Renang
j.GOR
k.Sport Smart
l.Fitness Center
m.Wisma Olahraga
n.Perpustakaan
o.Lapangan Tenis

1

Prestasi bidang kemahasiswaan yang diraih, diantaranya sebagai berikut:
1.Juara II mahasiswa berprestasi tingkat Universitas tahun 2011 dan memperoleh penghargaan dari Universitas atas nama Dwi Aprianto (PJKR) Studi banding ke Thailand.
2.Seminar Nasional diselenggarakan oleh BEM FIK dalam rangka Dies Natalis UNY dengan tema “Membangkitkan Spirit Pendidikan Karakter Olahraga dalam Membangun Rasa Nasionalisme untuk Mewujudkan Prestasi Pemuda dan Olahraga”.
3.Zam-Zam Adnan ketua BEM FIK ditunjuk Universitas mengikuti studi banding ke Thailand.
4.Program Kreativitas Mahasiswa yang didanai Dikti sebanyak 1 Program PKMM atas Nama Ahsan Arif Mahasiswa Prodi PJKR angkatan tahun 2007.
5.Sebanyak 130 mahasiswa FIK mendapat penghargaan prestasi dalam bidang olahraga pada saat Upacara Hardiknas UNY tanggal 2 Mei 2011.
6.Prestasi mahasiswa bidang penalaran: pada Lomba Penelitian Ilmiah Industri Olahraga Kemenpora tahun 2011 yaitu:
a)Bara Sauma Adiguna Mahasiswa PKO angkatan tahun 2009 meraih Juara 2, dengan Judul “PURICA Minuman Herbal Alami Berenergi untuk Meningkatkan dan Mempertahankan Stamina Atlit Indonesia”.
b)Harun Mahasiswa Ikora angkatan tahun 2010 meraih Juara Harapan 3, dengan Judul “Rancang Bangun Alat Pengukur Kecepatan Otomatis Lari Sprint 200 M Berbasis Mikrokontroler untuk Membantu Wasit dalam Mewujudkan Pertandingan Fair”.
7.Satrio Nugroho Wibawanto mahasiswa Ikora pada Bulan Juli 2011 mengikuti pelatihan olahraga berkebutuhan khusus/adaptif  di Amerika Serikat.
8.Mahasiswa FIK UNY memberikan kontribusi dalam perolehan mendali pada POMDA 2011 dan Pomnas ke 12 di Kepri tanggal 18 – 24 September 2011.
9. Lia Karina Mansur, atlit Taekwondo peraih  medali perak dalam Sea Games di Palembang tahun 2011.

Kompetensi Kelulusan:

Prodi IKORA
Melalui kurikulum 2009, lulusan dihantarkan untuk memiliki kompetensi utama di bidang olahraga yang terkait dengan kesehatan dengan indikator: (1) Mampu dan terampil merancang program olahraga untuk tujuan kesehatan baik promotif, preventif dan rehabilitatif untuk masyarakat  umum maupun masyarakat berkebutuhan khusus. (2) Mampu mengelola kesehatan olahragawan  (3) Mampu mengelola kegiatan olahraga baik yang terkait dengan kesehatan, prestasi maupun industri.

Prodi PKO, tersedianya lulusan :
1.Sebagai Pelatih,
2.Instruktur olahraga
Pendidik maupun Pembina olahraga baik di sekolah-sekolah, club, instansi-instansi, sampai dengan Top Organisasi olahraga terkait dengan sertifikasi Pelatih resmi dari MENPORA dari 12 cabang olahraga secara keseluruhan pada Tahun 2012.

Prodi PJKR
Lulusan Prodi PJKR diharapkan memiliki:
Kompetensi utama
1).Kemampuan akademis atau profesional sesuai dengan perkembangan keilmuan dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga.
2).Kemampuan pedagogis (guru) dalam melakukan pembelajaran dengan memadukan penguasaan bidang ilmu keguruan, ilmu olahraga, dan ilmu pendidikan.
3) Kepribadian dan kemampuan sosial yang baik dalam melaksanakan fungsi pendidikan dan pembelajaran.

Kompetensi Pendukung
1. Mampu mengidentifikasi potensi peserta didik   yang perlu dikembangkan.
2. Mengenal karakteristik potensi peserta didik.
3. Memiliki komitmen terhadap hak dan kewajiban peserta didik.
4. Mengenal dan memanfaatkan lingkungan peserta didik.
5. Menguasai metode dan pembelajaran terhadap anak didik.
6. Mampu berempati terhadap peserta didik.
7. Membimbing karir peserta didik.

Kompetensi Tambahan:
1.Memanfaatkan Potensi diri untuk pengembangan olahraga pendidikan dalam ekstrakurikuler (misalnya: Pelatih Olahraga)
2.Mengembangkan potensi dalam penguasaan bidang olahraga kesehatan kaitannya dalam pendidikan kesehatan (Misalnya: Instruktur, Terapis, Manager)

Seleksi Mandiri (SM)

  1. SM Prestasi (Seleksi Berbasis Prestasi)
  1. Seleksi calon mahasiswa baru D3 dan S1 yang berpotensi dalam bidang akademin dan nonakademik.
  2. Peserta adalah lulusan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK tahun 2015, 2016, atau 2017.
  3. Memilih kelompok SAINTEK atau SOSHUM sesuai dengan program studi S1 dan D3 yang diminati. Daftar program studi dan kelompok dapat dilihat pada Tabel 1.
  4. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp200.000,00 melalui Bank Mandiri. Prosedur pembayaran dapat dilihat di laman http://pmb.uny.ac.id.
  5. Melakukan login ke laman http://pmb.uny.ac.id untuk mengisi formulir pendaftaran sesuai jadwal.
  1. SM Utul (Seleksi Berbasis Ujian Tulis)
  1. Seleksi calon mahasiswa baru jenjang pendidikan D3 dan S1 yang berprestasi dengan kemampuan akademik da n potensi unggul.
  2. Peserta telah lulus Ujian Sekolah dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK/Paket C atau setara tahun 2013, 2014, 2015, 2016, atau 2017.
  3. Alur pendaftaran dapat dilihat di laman http://pmb.uny.ac.id.
  4. Memilih kelompok SAINTEK, SOSHUM, atau CAMPURAN sesuai dengan program studi S1 dan/atau D3 yang diminati. Daftar program studi dan kelompo dapat dilihat di tabel 1.
  5. Memilih dua program studi S1 dan/atau D3 untuk kelompok SAINTEK, SOSHUM, atau CAMPURAN.
  6. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp200.000,00 untuk kelompok SAINTEK atau SOSHUM, dan Rp250.000,00 untuk kelompok CAMPURAN. Pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri. Calon peserta yang memilih prodi yang mensyaratkan uji keterampilan membayar biaya sebesar Rp100.000,00 per prodi. Prosedur pembayaran dapat dilihat di laman http://pmb.uny.ac.id.
  7. Melakukan login di laman http://pmb.uny.ac.id untuk mengisi formulir pendaftaran sesuai jadwal pada Tabel 3.
  8. Mengikuti tes tulis dan uji keterampilan (untuk prodi tertentu) sesuai jadwal. Materi tes tulis terdiri atas:
  1. Kelompok SAINTEK meliputi Tes Potensi Akademik, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Bidang Studi IPA.
  2. Kelompok SOSHUM meliputi Tes Potensi Akademik, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Bidang Studi IPS.
  3. Kelompok CAMPURAN meliputi Tes Potensi Akademik, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bidang Studi IPA, dan IPS.
  1. Materi uji keterampilan sesuai dengan spesifikasi prodi masing-masing, untuk prodi di FIK ditambah tes kesehatan.
  1. SM Kerjasama (S1 Kerjasama)
  1. Diselenggarakan atas kerjasama antara UNY dengan instansi pemerintah/swasta.
  2. Alur pendaftaran dapat dilihat pada laman http:pmb.uny.ac.id.
  1. SM PKS (Program Kelanjutan Studi)
  1. Diperuntukkan bagi lulusan jenjang D3 dari prodi yang linear dengan akreditasi minimal B.
  2. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp200.000,00 melalui Bank Mandiri. Prosedur pembayaran dapat dilihat di laman http://pmb.uny.ac.id.
  3. Melakukan login ke laman http://pmb.uny.ac.id dan mengisi formulir pendaftaran sesuai jadwal.
  4. Memilih program studi S2 yang linear dengan prodi D3.

 

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNY.

 

87 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini